Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

A Sampai Z Masalah Anak Puber

           Inilah hal-hal A-Z yang berhubungan dengan remaja, mulai dari bau badan, cinta monyet, haid, genk sampai pacaran. Sebagai remaja puber kamu pasti pernah mengalami semua hal dibawah ini dong? Buat kamu yang baru mau menginjak masa puber, siap-siap deh.


A = antisosial
Anak puber cenderung berperilaku antisosial. Ciri-cirinya : agresif, senang melawan aturan, impulsif, suka membangkang, dan sebagainya. Tapi manusia normal akan mengurangi sifat antisosialnya seiring pertambahan usia, kecuali yang punya gangguan kejiwaan.
B = bau badan dan berat badan
Dua hal yang bikin minder ABG saat mengalami pubertas. Hal ini bisa diatasi dengan menjaga kebersihan badan dan pola makanan yang teratur.
C = cinta monyet
You know cinta monyet? Gampang jatuh cinta, gampang pula berganti cinta. Bisa menyukai beberapa lawan jenis dalam satu waktu.
D = diet
Banyak remaja yang minder terhadap berat badan yang dirasa berlebih sehingga kadang mereka melakukan diet yang nggak sesuai dengan tubuh dan akhirnya menjadi sakit.
E = eksis
Bagi ABG yang masih mencari jati diri, eksis (tensi) itu penting. Jangan sampai ketinggalan mode, entar dibilang basi. Tapi ati-ati, kalau nggak mampu nggak perlu maksa. Nyiksa diri itu namanya.
F = fashion
ABG suka sekali mengikuti fashion yang lagi in saat ini, cocok ataupun enggak dengan kepribadian mereka. Banyak juga sih yang jadi kormod (korban mode) dan akhirnya jadi bahan tertawaan orang-orang sekitar.
G = Genk
ABG suka berkumpul dalam satu kelompok dan menyebut diri mereka best friends forever. Kemana-mana selalu bareng, pakai baju sama, style yang sama dan punya hobi yang kadang dipaksain sama. Hebatnya, kelompok persahabatan ini bisa bertahan sampe bertahun-tahun.
H = Haid
Dialami setiap remaja perempuan, merupakan tanda awal masa puber. Banyak remaja perempuan yang panik saat pertama kali mengalaminya, karena kurangnya pengetahuan.
 I = Imajinasi
Banyak ABG (terutama cowok) yang suka berkhayal tingkat tinggi mengenai hubungan fisik antara cowok dan cewek. Salah satu faktor penyebabnya adalah seringnya mereka membuka situs-situs dewasa. Ayo ngakuuu. Jangan keterusan lho.
J = Jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah berat yang dialami remaja. Remaja bisa minder habis-habisan gara-gara jerawat dan berusaha mati-matian untuk menghilangkan jerawat, meski kebanyakan gagal. Jerawat akan hilang atau berkurang dengan sendirinya kalau masa pubernya udah lewat. Insya Allah :)
K = Kamar
Kamar adalah tempat paling nyaman buat remaja puber, karena memberikan privasi buat mereka. Remaja bakal bete dan marah banget kalau ada keluarga yang mengganggu zona pribadi mereka. Makannya banyak yang masang stiker KETOK PINTU DULU atau DON’T DISTURB.
L = lugu
Mana ada remaja yang mau diperlakukan seperti anak-anak? Semua remaja merasa dirinya sudah dewasa kok. Padahal kebanyakan ABG masih berada di perbatasan antara dunia anak-anak dan dewasa. Sifat lugu ABG membuat mereka kadang bisa dibodohi orang lain. Jangan mau ya. Makannya banyak-banyak baca dan bertanya pada ortu.
M = moody
Labil adalah nama tengah para remaja puber dan moody termasuk didalamnya. Kalo mereka mulai bertingkah aneh tanpa alasan yang jelas, bisa dipastikan mereka sedang mengalami bad mood.
N = narkoba
Narkoba merupakan salah satu godaan terbesar di masa remaja, karena masa remaja adalah masa coba-coba. Lingkungan atau pergaulan yang buruk (dikelilingi pecandu narkoba) membuat beberapa remaja sangat mudah terjerumus ke dalamnya.
O = oh my good
O em ji. Itulah celetukan yang sangat khas remaja. Mulanya hanya dipakai saat chatting, kemudian merambat ke percakapan IRL ( in real life). Heboh dikit, OMG. Aneh dikit, OMG. Yah, namanya juga anak baru gede. Masih suka kaget dengan pengalaman atau sensasi baru.
P = Pacaran
Remaja puber yang memiliki pacar biasanya merasa sangat bangga karena status mereka naik satu tingkat disbanding teman-teman mereka yang menjomblo. Gaya pacaran ABG puber adalah ke mal, nonton bioskop, atau makan di restoran. Tapi ada juga yang kreatif dengan jalan-jalan di taman atau keliling kota tua saat weekend. Jam malam ABG yang pacran masih berlaku hingga saat ini.
Q = Qwerty
Jadi remaja zaman sekarang susah banget dah kalau nggak nenteng ponsel berkeyboard qwerty seperti BlackBerry, iPhone, dll.
R = Rokok
Banyak remaja yang beranggapan kalau merokok = keren. Padahal rokok itu biang penyakit mematikan. Don’t smoke please.
S = seks
Remaja sangat ingin tahu tentang banyak hal, salah satu yang paling menarik perhatian mereka adalah tentang seks. Hati-hati, seks bebas itu membuat kamu tidak akan hidup bebas lagi. Emang enak hamil diluar nikah? Masak anak-anak punya anak? Nggak lucu ah.
T = tongkrongan
Mal adalah tempat tongkrongan atau hang out favorit remaja, biarpun kadang nggak beli apa-apa (maklum uang jajan pas-pasan). Yang penting eksis di mal.
U = uang saku
Uang saku dari papa mama adalah satu-satunya sumber pendapatan remaja. Syukur-syukur kalau om dan tante mampir lalu memberikan salam tempel.
V = valentine’s day
Valentine’s day adalah salah satu perayaan penting bagi kebanyakan remaja di seluruh dunia, termasuk di tanah air. Banyak cowok/cewek yang mempersiapkan kado atau acara spesial jauh-jauh hari demi membahagiakan pacarnya.
W = World Wide Web
Sekarang ini banyak ABG yang punya akun di Friendster, Facebook, serta Twitter. Akibatnya ABG punya ratusan bahkan ribuan teman (friends) dan pengikut (followers) di internet, padahal aslinya yang kenal Cuma 23 orang aja. Itu namanya teman khayalan. Hiks.
X = ex-boyfriend/girlfriend
Karena masih belum berpengalaman, remaja sukar menerima fakta putusnya percintaan. Mantan pacarpun bisa jadi musuh.
Y = yap yap yap
ABG suka banget berceloteh dengan sesamanya. Biar udah ketemu di sekolah dan bareng naik angkot, eh di rumah masing-masing masih pada SMS-an. Padahal yang diomongin nggak penting-penting amat.
Z = Zodiak
Bintang kamu apa? Cocok nggak ya jadian dengan si A yang zodiaknya B? Hahaha. Bener banget remaja demen banget menerka-nerka sifat kecengan dengan zodiac. Percaya boleh, tapi jangan kebangetan. Inget, setiap manusia itu unik.

(sumber : majalah “teen”)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar